Minggu, 29 Maret 2020

TIK (Panduan Belajar Microsoft Office 2007)


Panduan Belajar Microsoft Office 2007

Support for Microsoft Office 2007 Comes to an End - Ophtek
Tingginya minat belajar masyarakat untuk menguasai (bisa) microsoft office atau otomasi perkantoran, menjadikan buku, tutorial, ebook panduan belajar microsoft office seperti microsoft word, excel dan powerpoint  banyak  dicari.

Berangkat dari hal tersebut di atas, saya mencoba mengumpulkan (baca: merangkum) beberapa artikel yang sebagian telah diterbitkan di blog umardanny.com  sebagai dasar panduan Anda belajar  microsoft office.
Panduan ini saya coba susun langkah demi langkah, agar kiranya mudah dimengerti oleh Anda yang ingin menguasai microsoft office.
Panduan belajar microsoft office ini sebagian besar menggunakan microsoft office 2007. Bila anda bertanya bagaimana dengan versi 2010, 2013 atau yang terbaru? Tidak masalah, semua materi yang ada bisa berjalan disemua versi ms.office..
Oke, berikut materi pembelajarannya :


1. Panduan belajar microsoft word 2007

Pada panduan belajar microsoft word ini, materi yang dibahas antara lain :

a.  Bekerja dengan Microsoft word 2007

Langkah pertama untuk belajar bisa dimulai dari sini, dimana materi ini berisikan panduan awal yaitu pengenalan apa itu microsoft word, kemudian diikuti dengan membuka microsoft word 2007, mengenal bagian dokumen, membuat file dan menyimpannya, membuka file dokumen,  menutup file dokumen, dan lain-lain. Selengkapnya silahkan anda baca dan download materinya, pada tulisan di bawah ini:
  • Panduan belajar microsoft word 2007

b. Contoh pembuatan surat lamaran kerja

Pada tulisan ini, materi yang dibahas adalah contoh pembuatan surat lamaran kerja dengan proses pengerjaan menggunakan pengaturan jenis font/huruf,  spasi, page layout (kertas yang digunakan, margin, indent, alignment) dan mencetak dokumen yang telah dibuat ke dalam printer. Silahkan baca, dan download contoh surat lamaran kerjanyanya, di bawah ini:
  • Contoh surat lamaran kerja dengan microsoft word 2007

c.  Membuat dokumen menjadi dua kolom.

Materi ini membahas penggunaan drop cap, column, change case,  autofit,  formula di ms.word seperti average/nilai rata-rata dan pembuatan page number. Silahkan baca pada materi ketiga, di bawah ini:
  • Cara membuat dua kolom di microsoft word 2007

d. Langkah-langkah menyisipkan/memasukkan gambar ke dalam dokumen ms.word

Materi ini membahas pembuatan struktur organisasi, menyisipkan gambar dan pembuatan grafik. Silahkan baca pada artikel:
  • Cara menyisipkan gambar di microsoft word 2007

e. Langkah-langkah untuk memprotect dokumen dan Pengaturan Penulisan

Tulisan pada materi ini adalah cara mengamankan dokumen microsoft word yang  telah kita buat, dengan memproteknya menggunakan password ..Silahkan baca materi lengkapnya:
  • Cara buat password file word dan excel pada microsoft office 2007
Untuk Format pengaturan penulisan membuat makalah, skripsi dan jurnal, baca:
  • Pengaturan microsoft word dalam pembuatan tulisan (makalah, skripsi, jurnal)

f. Pembuatan mail merge

Pada materi ini anda akan membuat banyak surat dengan format dan isi yang sama dengan cepat. Baca tulisan selengkapnya di bawah ini:
  • Cara membuat mail merge di microsoft word 2007

2. Panduan Belajar Microsoft Excel 2007

Materi panduan belajar microsoft excel, materi yang berisikan :

a. Mengenal  microsoft excel 2007

Panduan ini berisikan langkah-langkah membuka dan menjalankan ms excel, mengenal komponen/bagian ms excel, membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, mengenal pointer dan bentuk tombol dan lain-lain. Silahkan baca dan download materinya, pada tulisan di bawah ini:
  • tutorial microsoft excel 2007 bahasa Indonesia
  • mengenal jenis pointer, tombol keyboard dan fungsinya di Ms. Excel
Berkenalan dengan 7 Tab Menu Excel:
  • Mengenal Fungsi Tab Menu Home dan Insert
  • Mengenal Fungsi Tab Menu Layout dan Formula
  • Mengenal Tab Menu Data dan Fungsinya
  • Mengenal Tab Menu Review dan Fungsinya
  • Mengenal Tab Menu View Excel 2007 dan Fungsinya
Mengenal format penyimpanan pada microsoft excel, format workbook pada tulisan ini, merupakan workbook/file excel yang masih dibuka menggunakan format penyimpanan pada excel 2013, mengenal dan menggunakan formula atau rumus pada excel, seperti penggunaan operator, silahkan baca:
  • Format penyimpanan microsoft excel 2013
  • Mengenal dan menggunakan formula dalam microsoft excel
  • Cara Mengatur regional setting Windows untuk penggunaan koma atau titik koma di MS. Excel

b. Berkenalan dengan fungsi microsoft excel

Panduan ini berisikan materi mengenal lebih jauh tentang fungsi dan rumus ms. Excel, seperti: fungsi mid, left, right, lower, upper, time, date, mod, concatenate, statistik, dan logika. Selengkapnya, silahkan baca:
  • Mengenal fungsi microsoft excel statistik formula logika tabel
Fungsi excel lainnya:
1) Pengunaan fungsi SUM, Average, max, min Counta
Panduan materi ini membahas pengunaan fungsi maupun rumus yang ada di excel, seperti: SUM, AVERAGE, max, min dan counta. Silahkan baca materinya, pada tulisan di bawah ini:
  • Cara menggunakan rumus microsoft excel 2007 (sum, average, max, min dan counta)
Pengertian, perbedaan dan cara menggunakan rumus pada Fungsi Count, Counta, Countif, countblank dan Countifs, silahkan baca:
  • Cara menggunakan rumus pada fungsi count, counta, countif, countblank dan countifs di microsoft excel
2) Pengunaan fungsi IF
Panduan ini membahas fungsi if yang dikombinasikan dengan fungsi AND dan rumus-rumus/formula excel lainnya.
3) Penggabungan fungsi vlookup dengan fungsi dan rumus excel
Pada panduan ini dijelaskan dari contoh soal yang ada, dimana fungsi vlookup dikombinasi dengan rumus (formula) dan fungsi excel lainnya seperti mid dan left.
  • Cara menggunakan rumus vlookup mid left di microsoft excel

4) Pengunaan fungsi vlookup dan hlookup dengan kombinasi rumus-rumus (formula) excel lainnya
Pada panduan belajar rumus dan fungsi vlookup hlookup ini, dijelaskan langkah-langkah pengerjaan soal dengan menggunakan fungsi vlookup dan hlookup. Silahkan baca dan download materinya pada artikel di bawah ini:
  • cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup pada ms-excel
  • Penjelasan mengenai fungsi vlookup dan hlookup disertai gambar
  • cara menggunakan rumus fungsi vlookup beda sheet
  • cara menggunakan fungsi hlookup beda sheet
Panduan yang lebih lengkap dan komprehensif, meliputi: penggabungan fungsi vlookup, hlookup dan left, mid, if, counta serta formula lainnya, bisa anda baca pada tulisan:
  • cara menggunakan rumus kombinasi excel dengan contoh kasus soal
Bila penggunaan fungsi VLOOKUP di atas, menggunakan tipe data FALSE. Untuk tipe data true, silahkan anda baca:
  • cara menggunakan VLOOKUP dengan tipe data TRUE

C. Membuat grafik di excel

Panduan ini menjelaskan langkah-langkah pembuatan grafik di ms excel 2007. Silahkan baca tutorialnya, di bawah ini:
  • cara membuat grafik di excel 2007
Semoga panduan belajar microsoft office 2007, dapat bermanfaat bagi anda. ðŸ™‚
Untuk Buku-Panduan-Praktik-Microsoft-Word-2007 KLIK DISI SAJA

Untuk Buku-Buku-Panduan-Praktik-Microsoft-Excel-2007 KLIK DISI SAJA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING TERUPDATE

Peringatan Isra' Mi'raj 1446 H